5 LANGKAH MENUJU LIFE EXCELLENT ( bag. 1 )

Apa itu Life excellent ? Yaitu kehidupan yang penuh bahagia, sukses meraih  4-ta (harta, tahta, kata, dan cinta) dan pada saat bersamaan berjiwa mulia, memberikan manfaat bagi sesama.

Kali ini saya tampilkan ajak anda menyusuri lima langkah menuju Life excellent :

1. Menentukan dan mengasah pilihan jalan hidup

Pada langkah pertama ini  kita  menentukan pilihan bidang kehidupan/ pekerjaan yang kita cintai, lalu asah dan berlatihlah dengan tahapan TBTM (tahu – bisa – terampil – mahir) sampai dengan 10 ribu jam hingga expert.

2. Aktifkan Daya Pancar ( “ON” kan selalu aset fisik/metafisik)

Menuju life excellent memang butuh perjuangan terus-menerus dalam semua peran kehidupan, yaitu dengan selalu mengaktifkan daya pancar kita di manapun, kapanpun, dalam kondisi apapun. Ada tiga panduan aksi yang bisa membantu anda  untuk mengaktifkan daya pancar :

a. Kerjakan satu program di satu waktu

Kurangilah kebiasaan multitasking (melakukan banyak program di satu waktu). Fokus dan tetapkan skala prioritas, dalam bahasa Al Qur’an “Faidzaa Faraghta Fanshab….Wailaa Rabbika Farghab”  Kerjakan satu program dg fokus n tuntas jika sudah usai lakukan yang lain dg fokus n tuntas pula.

b. Sesekali  “Alokasikan Energi 100% tanpa sisa”

Pada saat-saat anda mengalami beban yang berat dalam beberapa bidang kehidupan anda, deadline pekerjaan, keluarga ada yang sakit, anak-anak ujian sekolah, menangkap peluang yang ada di depan mata, dll.    Itulah waktu yang tepat bagi anda untuk mengalokasikan energi 100% tanpa sisa. Setelah tuntas silakan atur kembali alokasi energi anda dalam prosentase yang seimbang.

c. Sambungkan selalu Potensi Anda dg Generator Besar

Bergaul dan bermitralah dengan orang-orang yang berenergi besar, kata lagu tombo ati  “Wong kang shaleh kumpulono (berkumpullah dengan orang sholeh) “. Kelilingi diri anda dengan bacaan-bacaan (Buku, majalah, koran, internet, dll.), tontonan, dan suara-suara positif  yang bisa jadi  sumber energi.

…….(bersambung)