3 Kunci Sukses ala Nabi Ibrahim

kabah3Sahabat sekalian mumpung masih di bulan dzulhijjah ada baiknya saya share cuplikan dari khutbah idul Adha saya di Perumahan Margorejo Indah Surabaya  tahun ini 1434 H. sebagai berikut:

Disamping pelajaran-pelajaran yang begitu banyak, ada 3 Rahasia sukses Nabi Ibrahim sehingga Beliau menjadi Manusia Agung di sisi Allah swt. Nama beliau diabadikan dalam Al Qur’an dan menjadi USWATUN HASANAH  bagi seluruh manusia sepanjang masa. 3 Rahasia Sukses itu disebutkan Allah swt di dalam Al Qur’an sbb:

Pertama, dalam QS. 21: 51. “Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebelumnya…”.

Ya…inilah rahasia sukses pertama yang menjadi pondasi untuk meraih kesuksesan-kesuksesan berikutnya yaitu BERPEGANG TEGUH pada KEBENARAN dari Allah ta’ala.

 

Kedua, dalam QS. 2: 124. “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji[87] Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya (dengan sempurna). Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”.

Rahasia sukses kedua adalah ACTION yang bukan sembarang action tetapi ACTION YG SEMPURNA (optimal). Yaitu action yang berskala prioritas serta strategis dan dilakukan dengan kerja keras, cerdas dan ikhlas.

 

Ketiga, dalam QS. 37: 102.  “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu?” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”

Dan dalam QS. 37: 105. sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu[1284] sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

Rahasia sukses Nabi Ibrahim yang ketiga adalah keberhasilannya dalam MEMBANGUN BASIS KELUARGA yang penuh Berkah, harmonis, dialogis sakinah mawaddah warahmah.

Buah  dari 3 rahasia sukses dalam diri nabi Ibrahim adalah TERKABULNYA HARAPAN dan DOA  Beliau untuk diri, keluarga, masyarakat , bangsa dan Negara bahkan untuk terbangunnya Peradaban Kemanusiaan yang agung dan mulia.

So…. sudahkah kita teguh dalam kebenaran? …….Sudahkah kita action dengan optimal? Dan……sudahkah kita membina  keluarga yang penuh berkah, harmonis, dialogis  sakinah mawaddah warahmah sebagai basis keberhasilan  berikutnya?

 

Salam spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

untuk bisa ngobrol dengan saya, silakan Follow me :

@m_zubairi                       on Twitter

Muhammad Zubairi        on FB, &  kunjungi atau tetap setia :

www.zubairitrainer.com