Renungan Spiritual; Mengapa doa tertolak?

HeartWaterDrop7E0.jpg-1420229677Sahabat sekalian, melanjutkan artikel saya sebelumnya tentang pentingnya kita me-refresh pikiran dan kalbu, pada artikel kali ini  saya ingin berbagi bersama tentang ; pentingnya kita mewaspadai penyakit hati atau hal-hal yang mengotori kalbu  sehingga bisa menghalangi diri untuk berbuat kebaikan dan juga bisa menyebabkan TERTOLAKNYA DOA  atau tidak dikabulkannya doa kita oleh Allah swt.

Nah pada kesempatan ini saya kutipkan Nasehat Ibrahin bin Adham kepada penduduk Basrah yang mesti kita perhatikan untuk kesehatan pikiran dan kalbu serta terkabulnya doa. Berikut kisah lengkapnya :

“Syaqiq al-Balkhi menuturkan, suatu ketika Ibrahim bin Adham berjalan-jalan di pasar Basrah. Kemudian orang-orang berkumpul mengerumuninya. Mereka bertanya tentang firman Allah yang berbunyi: “Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”. Wahai Ibnu Adham! Kami telah berdoa tapi Allah masih juga belum mengabulkan doa kami.” Lalu Ibrahim bin Adham berkata, “Wahai penduduk Basrah! Bagaimana Allah Swt akan mengabulkan per¬mintaan kalian kalau hati kalian telah mati disebabkan oleh 10 hal.

Adapun 10 hal yang menyebabkan kematian hati seseorang sehingga doa tidak dikabulkan adalah: (1) kalian mengenal Allah teta¬pi tidak melaksana¬kan hak-hak-Nya, (2) kalian suka membaca ki¬tab Allah, tetapi tidak mau mengamalkannya, (3) kalian mengakui bahwa iblis itu musuh, tetapi selalu mengikuti perintah-perintahnya, (4) kalian menyatakan cinta kepada Rasul, tetapi terus saja meninggalkan sunnah dan atsarnya, (5) kalian menyatakan cinta (ingin masuk) surga, tetapi tidak mengamalkan amalan yang dapat mengantarkan kalian ke surga, (6) kalian mengakui takut akan siksa neraka, tetapi tidak henti-henti be:rbuat dosa, (7) kalian meyakini bahwa kematian itu hak, tetapi tidak melakukan per¬siapan untuk mati, (8) kalian terlalu sibuk memperha¬tikan kesalahan orang lain, tetapi tidak mau memperhatikan kesalah¬an diri sendiri, (9) kalian suka memakan rezeki Allah, tetapi tidak mau bersyukur kepada-Nya, dan (10) kalian suka mengubur o¬rang-orang mati di antara kalian, tetapi tidak mau mengambil pelajaran darinya.”

bayi berdoaTentunya kita sangat berharap doa-doa kita  dikabulkan oleh Allah swt, karenanya mari sahabat sekalian kita camkan 10 hal  diatas untuk sehatnya pikiran dan kalbu serta terkabulnya doa.  Dan…sekarang kita tahu, Mengapa doa tertolak?

 

Salam Spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

untuk bisa ngobrol dengan saya, silakan Follow me :

@m_zubairi                       on Twitter

Muhammad Zubairi        on FB, n kunjungi

www.zubairitrainer.com