Meningkatkan Kualitas Kerja dengan CINTA

Kerja dg CINTA_152Tidak bermaksud membersamai apalagi memperingati malam tahun baru, hanya saja dikarenakan lama tak menulis dan dengan izin Allah saya berkesempatan dan bisa menulis artikel ini kok ya pas malam tahun baru, itu aja he he . Sahabat sekalian artikel “Meningkatkan Kualitas Kerja dengan CINTA”  ini adalah bagian dari materi training saya untuk karyawan atau wirausaha yang ingin menjalani pekerjaannya dengan enjoy, ikhlas dan bersungguh-sungguh, serta  tahan banting. Pekerjaan bagi mereka tak ubahnya seperti hobi yang dengan suka ria dijalaninya tanpa kenal lelah, bahkan mereka rela mengorbankan waktu dan uangnya untuk memenuhi tuntutan pekerjaannya sampai tuntas dan berhasil dengan sukses.

Ok langsung to the point aja sahabat, pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah kenapa Meningkatkan Kualitas Kerja  kok harus dengan CINTA?  Ya sahabat sekalian,  kita tahu bahwa hidup ini bertumbuh; dengan ciri utamanya adalah perubahan yang ada di dunia kerja begitu dahsyat, situasi kompetisi dari banyaknya kompetitor menambah “ramainya” dunia kerja, demikian juga pertumbuhan penduduk yang tinggi serta masuknya tenaga-tenaga kerja asing makin memperketat “persaingan”, dsb. Nah dalam situasi demikian, siapapun mereka baik  sebagai karyawan maupun  wirausaha dituntut harus semakin berkualitas dalam bekerja, yaitu siap menjalani pekerjaannya dengan enjoy, ikhlas dan bersungguh-sungguh, serta  tahan banting. Pekerjaan bagi mereka tak ubahnya seperti hobi yang dengan suka ria dijalaninya tanpa kenal lelah, bahkan mereka rela mengorbankan waktu dan uangnya untuk memenuhi tuntutan pekerjaannya sampai tuntas dan berhasil dengan sukses. Dan hal tersebut bisa dipenuhi jika mereka memiliki rasa CINTA terhadap pekerjaannya.

Bila kita telah mengetahui dan menyadari pentingnya rasa CINTA kepada pekerjaan, maka pertanyaan berikutnya adalah “bagaimana CARA agar kita bisa mencintainya?”  Untuk memudahkan Anda mengingat,  saya berikan rumus 5 S, apa saja 5 S itu?

Pertama, Selaraskan dengan Visi; Anda dan juga saya pastinya punya Visi hidup kan? Nah langkah pertama agar  bisa mencintai pekerjaan atau aktifitas-aktifitas kita adalah menyelaraskannya dengan Visi hidup kita, baik visi dunia apalagi visi akhirat. Untuk lebih memperdalam memahami Visi hidup, saya sarankan agar Anda membaca bab VisiON dalam bukunya kek @JamilAzzaini yang berjuul ON.  Bila Aktifitas / Pekerjaan Anda telah selaras dengan Visi hidup dunia dan akhirat, saat  itulah  CINTA Anda tumbuh sesubur-suburnya di dalam kalbu. Akhirnya Pekerjaan bagi Anda adalah tugas mulia dan misi suci yang harus dituntaskan.

Kedua, Segerakan Aksi; saya memercayai pepatah jawa ” witing tresno jalaran soko kulino” yang maksudnya adalah tumbuhnya rasa senang / CINTA  itu disebabkan oleh adanya kebiasaan. Maka hal ini juga berlaku dalam hal mencintai pekerjaan, bahwa segera melakukan tugas-tugas kerja hingga menghasilkan sukses-sukses kecil akan menumbuhkan rasa “semakin cinta” dan ingin terus melakukannya lagi dan lagi….

Ketiga, Selalu ada Variasi;  Tubuh ada capeknya, demikian juga perasaan ada bosannya. Kita tahu bahwa hampir setiap pekerjaan pastilah menuntut kesungguhan dan pasti pula ada rutinitasnya, inilah yang sering menjadikan tubuh merasa capek dan perasaan bosan. Dalam kondisi demikian sangatlah dibutuhkan adanya variasi kegiatan yang benar dan menyegarkan, misalnya outbond, training, kunjungan, acara-acara surprise/ kejutan,  dll. Perlunya variasi yang benar dan menyegarkan ini juga ditegaskan Rasulullah saw. dalam hadits yang diriwayatkan Imam Thabrani : ”Setiap amal itu pasti ada masa semangatnya. Dan setiap masa semangat itu pasti ada masa futur (malas/bosan)nya. Barangsiapa yang kemalasannya masih dalam sunnah (petunjuk) Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam, maka dia berada dalam petunjuk. Namun barangsiapa yang keluar dari petunjuk tersebut, sungguh dia telah menyimpang.”

Keempat, Sehatkan Spiritual dan Emosional kita;  Melakukan pekerjaan dengan penuh rasa cinta bukanlah urusan fisik dan intelektualitas serta skill semata, namun ada unsur yang sangat menentukan beresnya pekerjaan dan langgengnya rasa cinta kerja yaitu Emosional dan Spiritual. Karena rasa Cinta itu adanya di dalam hati/ kalbu  sedangkan yang bisa membolak-balikkan kalbu itu hanyalah “Sang Pemiliknya” yaitu Allah ta’ala, maka cara jitu agar rasa CINTA selalu ada didalam diri  adalah dengan memperkuat hubungan dengan Sang Pencipta ( baca : Sehatnya Spiritual)  dan mempererat hubungan dengan sesama (baca : Sehatnya Emosional). Ya mewujudnya kesehatan Spiritual dan Emosional dalam bentuk amal-amal ibadah serta akhlqul karimah itulah yang bisa menjadi bahan bakar yang menjadikan CINTA kerja semakin menyala.

Kerja dg CINTA_165Kelima, Selalu Seimbang; Allah menciptakan alam semesta ini dalam keadaan seimbang dan itu adalah sunnatullah, tak akan ada perubahan terhadap sunnatullah tidak pula ada penyimpangan. Karenanya berlaku kaedah : Barangsiapa ingin kehidupannya sukses di dunia ini dan juga di akhirat maka ikutilah Sunnatullah dan (tentunya juga) Kitabullah, dan salah satunya adalah Seimbang (Tawazun). Seimbangkan kehidupan Anda  ;  antara profesi dan keluarga, antara hablum-minallah dan hablum-minannas, antara bekal dunia dan bekal akhirat, antara kepentingan diri dan kepentingan bersama, dsb.  ;  niscaya Anda akan dicintai Allah ta’ala.

Yah…itulah 5 S yang bisa menanamkan rasa CINTA kepada pekerjaan mulia kita (Insya-‘Allah).

So…sudah siapkah Anda menjadi karyawan atau wirausaha yang  menjalani pekerjaannya dengan enjoy, ikhlas dan bersungguh-sungguh, serta  tahan banting? Sehingga Pekerjaan bagi Anda  tak ubahnya seperti hobi yang dengan suka ria Anda jalani tanpa kenal lelah, bahkan Anda  rela mengorbankan waktu dan uang untuk memenuhi tuntutan pekerjaan sampai tuntas dan berhasil dengan sukses.

 

Salam Spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

mau ngobrol atau mengundang  saya?  Silakan Follow me :

@m_zubairi                       on Twitter

Muhammad Zubairi        on FB, n kunjungi

www.zubairitrainer.com