Latihlah otot manfaat Anda!

Sahabat sekalian,  saya percaya bahwa melakukan kebiasaan terasa lebih ringan dan mudah dibanding dengan melakukan hal-hal baru.  Sebagai contoh,  bagi saya menyelesaikan bacaan Al Qur’an 1 juz sekali duduk selama  ± 20 menit terasa ringan dan menyenangkan, mengapa bisa demikian? Karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan  saya sejak  lebih dari  20 tahun yang lalu. InsyaAllah  demikian pula bagi Anda, melakukan kebiasaan terasa ringan, mudah dan menyenangkan.

Muncul pertanyaan dan renungan bagi kita, apakah kita telah memiliki kebiasaan-kebiasaan  baik yang menjadi tuntutan bagi kesuksesan dunia dan akhirat kita? Wallahu a’lam bagi Anda, kalau bagi saya masih sangat banyak  kebiasaan-kebiasaan  baik yang menjadi tuntutan bagi kesuksesan dunia dan akhirat yang “belum” saya miliki. Dan salah satu ciri kebiasaan orang baik yang sukses adalah KEBERMANFAATANNYA BAGI SESAMA, misalnya sejarah mencatat orang kaya raya sekaligus ahli surga yakni  Abdur-Rahman bin Auf  begitu besar sumbangsihnya bagi perjuangan, peradaban dan kemanusiaan, hampir seluruh penduduk Madinah pernah merasakan manfaat sumbangsih Beliau.  Apalagi ciri tersebut ditegaskan oleh Rasulullah saw. Bahwa: “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama”.

DSCF4035 - Copy

Bercermin dari Abdur-Rahman bin Auf, menjadi penting bagi kita untuk memiliki kebiasaan yang bisa BERMANFAAT BAGI SESAMA. Dan  agar kita bisa memiliki kebiasaan bermanfaat tersebut, sebagaimana dalam buku Renald Kasali “Recode your Change DNA” halaman 5 dan juga dalam buku kek Jamil Azzaini “ON”  halaman 91  kita harus melakukan treatment khusus  yaitu MELATIH OTOT MANFAAT melalui aktifitas-aktifitas sederhana yang bermanfaat untuk sesama  secara berulang-ulang, misal membantu kebutuhan keluarga, membantu teman kerja, atau mungkin membantu warga di daerah bencana. Melalui latihan membantu sesama dengan intensitas yang berulang-ulang tersebut insyaAllah akan membentuk system saraf pada otot-otot sehingga menjadi  Kebiasaan Bermanfaat . Pada gilirannya berbuah menjadi perilaku dan Karakter Kepribadian yang semua sepak terjangnya memberikan manfaat kepada sesama.

So…Bila ingin menjadi Pribadi yang bermanfaat,  milikilah kebiasaan-kebiasaan bermanfaat! Caranya? LATIHLAH OTOT MANFAAT ANDA!

 

Salam Spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

mau ngobrol atau mengundang  saya?  Silakan Follow me :

@m_zubairi                       on Twitter

Muhammad Zubairi        on FB, n kunjungi

www.zubairitrainer.com

 (ket. photo: saat jadi relawan kelud membantu bersihkan pasir di jalan kampung ds. Puncu, kec. Puncu Kediri di kaki G.Kelud)