Pahlawan

Buya_Hamka_Soekarno_20140212_030100 Terinspirasi dari gambar disamping  ini dan bertepatan dengan tanggal 10 nopember, saya tergerak untuk menuliskan tentang pahlawan.

Teringat saya cuplikan kisah dua pahlawan Bangsa kita, yaitu kisah hubungan antara Bung Karno dan Buya Hamka. Bung Karno pernah memenjarakan Buya Hamka, sebaliknya Buya Hamka juga pernah mengeritik kebijakan-kebijakan Bung Karno. Namun maaf bukan bab ini yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Lalu tentang apa?

Hal penting yang ingin saya tuliskan adalah kebesaran jiwa dan keluhuran sikap yang ditampilkan oleh dua pahlawan besar kita ini. Seperti apa itu? Ya… tatkala Buya Hamka dikeluarkan dari penjara, Beliau menerima sepucuk surat dari Bung Karno dan  itu adalah pesan terakhirnya. Setelah dibuka Beliau baca pelan-pelan bunyi surat tersebut adalah, “Bila aku mati kelak, minta kesediaan Hamka untuk menjadi imam shalat jenazahku.”

Tahukah Anda bagaimana respon Buya Hamka? marahkah Beliau? demdamkah Beliau?

Ternyata tidak, Buya Hamka pun memenuhi permintaan Bung Karno sesuai dengan isi surat tersebut. Beliau mengimami shalat jenazah Bung Karno.

Usai Shalat, ada yang bertanya pada Buya Hamka,”Apa Buya tidak dendam kepada Soekarno yang telah menahan Buya sekian lama di penjara?”
Dengan lembut, Buya Hamka  menjawab,”Saya tidak pernah dendam kepada orang yang pernah menyakiti saya. Dendam itu termasuk dosa. Selama dua tahun empat bulan saya ditahan, saya merasa semua itu anugerah dari Allah kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan Kitab Tafsir Al Quran 30 Juz ( yaitu tafsir Al Azhar).  Bila bukan dalam tahanan, tidak mungkin ada waktu saya untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan itu.”
Sahabatku yang baik, itulah kebesaran jiwa dan keluhuran sikap  yang telah ditampilkan oleh pahlawan kita. Sehingga saya percaya bahwa sesungguhnya Pahlawan adalah orang biasa yang mengoptimalkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya untuk memberikan yang terbaik bagi sesama, agama, bangsa dan negaranya. Bagaimana dengan diri kita?
Selamat hari pahlawan……….

Salam spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

untuk bisa ngobrol dengan saya, silakan Follow me :

@m_zubairi                       on Twitter

Muhammad Zubairi        on FB, &  kunjungi atau tetap setia :

www.zubairitrainer.com