Sudahkah kita menjadi orang yang Bersyukur? Atau jangan jangan…?

Clear-sky-sun-calm-sea-bay-Matanzas-city-Cuba-20120321Mayoritas kita (insyaaAllah) paham bila seseorang bersyukur atas nikmat yang diterima, niscaya Allah akan tambahkan nikmatNYA pada orang tersebut. Sebagaimana terfirman di dalam ayat 7 Surat Ibrahim. “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Itulah ke-Maha Rahman- an Allah swt. kepada hambanya yang mau bersyukur.

Sahabat sekalian tulisan kali ini saya maksudkan sebagai bahan renungan apakah kita sudah termasuk orang-orang yang bersyukur? sudahkah benar cara kita dalam bersyukur?  atau jangan-jangan (na’udzu billah) secara tidak sadar justru kufur terhadap nikmatNYA.

Nah….terus gimana donk cara ngecek apakah kita bersyukur atau kufur? Ok….agar mudah mendeteksinya kita perlu paham dulu yang namanya ISTIDRAJ.  Apakah itu istidraj? Dalam bahasa jawa Istidraj adalah “dilulu” atau “digunggung” maksudnya seseorang yang banyak atau seringkali berbuat maksiat kepada Allah swt. namun selalu mendapatkan kelimpahan rezeki baik berupa harta, tahta, dll.

Jadi apabila rezeki yang dimiliki seseorang itu menambah jauh dari Allah, makin semangat bermaksiat, meninggalkan perintahNYA, maka yang demikian itu tidaklah termasuk “Nikmat” Allah swt. Sebaliknya apabila rezeki tersebut menambah semangatnya beribadah, makin dekat dengan Allah swt., lisannya basah dengan dzikir dan berdoa kepada Allah, menjauhi maksiat, semakin baik hubungannya dengan sesama karena Allah swt. maka yang demikian itulah yang disebut “NIKMAT” Allah swt.

Kesimpulannya…?

Seseorang disebut telah BERSYUKUR apabila bertambah ketataan, menjalankan perintah-perintahNYA, menjauhi larangan dan tidak bermaksiat padaNYA. Apabila yang terjadi sebaliknya yaitu makin jauh dari Allah….na’udzu billah bisa jadi itu adalah istidraj.

Semoga kita menjadi manusia yang Bersyukur dan makin bertambah ketaatan kita padaNYA….aamiin

Salam Spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

mau ngobrol atau mengundang  kami?

Bagi sahabat-sahabat saya yang Ingin mendapatkan layanan training dan coaching dari kami ( termasuk coaching pranikah dan keluarga sakinah) | Hubungi via :
Telp /sms / wa : 081331106116
Twitter : m_zubairi
Facebook : Muhammad Zubairi
Web : zubairitrainer.com