Ketaatan Variatif

10585070_764485703616621_461472678_nIbnu Atha’illah menulis dalam kitabnya  yang amat masyhur yakni “Al Hikam” :

لمّا علم الحقّ منك وجود الملل ، لوّن لك الطّاعات

” Tatkala Allah swt. mengetahui bahwa di dalam diri Anda terdapat rasa jemu/ bosan maka Dia menetapkan aneka ragam ketaatan.”

ما شأ الله…الله اكبر… Agar rasa bosan tidak menghinggapi para hambaNYA ketika menjalankan ketaatan, maka Allah tidak hanya mewajibkan satu macam ibadah saja. Dia menetapkan beraneka ragam ibadah, ada ibadah makhdhoh (khusus/ ritual)  seperti sholat, puasa, berdzikir, berdoa, haji, dll. Ada juga ibadah yang bersifat umum (ghairu makhdhoh) seperti makan, minum, bercengkerama dengan keluarga, silaturrahim, bekerja mencari nafkah dan sebagainya. Karenanya….. saat kebosanan menyerang, saat kejemuan datang …..move on-lah …berpindahlah dari ibadah yang satu kepada ragam ibadah yang lainnya. Hal penting yang harus kita pegangi adalah lurus (ikhlas)nya niat, benarnya ibadah sesuai dengan aturan Allah dan sunnah Rasululullah serta keistiqomahan kita tetap di dalam ketaatan kepada Allah swt.

Ya…. variasi aktifitas ketaatan insyaaAllah bisa menjadi sarana jitu untuk mengusir kejemuan dan kebosanan. Terakhir…variasi aktifitas ketaatan bisa juga menjadi bumbu yang lezat untuk nasehat berikut: “Teruslah bergerak, hingga kelelahan itu lelah mengikutimu. Teruslah berlari, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu. Teruslah berjalan, hingga keletihan itu letih bersamamu. Teruslah bertahan, hingga kefuturan itu futur menyertaimu. Tetaplah berjaga, hingga kelesuan itu lesu menemanimu. Kalau iman dan syetan terus bertempur. Pada akhirnya salah satunya harus mengalah.” (Ust. Rahmat Abdullah)

Anda bosan? ….ingatlah “Ketaatan Variatif”

Salam Spirit,

Muhammad Zubairi

(Motivator Spiritual Termuda di Indonesia)

Ingin ngobrol/ mendapatkan layanan training dan coaching dari kami | Hubungi via :
Telp /sms / wa : 081331106116
Twitter : @m_zubairi
Facebook : Muhammad Zubairi

Instagram : @m_zubairi_trainer
Web : zubairitrainer.com