HIJRAH

judul1Banyak orang punya keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang LEBIH; lebih kaya, Lebih pintar, lebih sehat, lebih khusyu’, lebih sabar, lebih sholih, dll.
Namun hal tersebut tak kunjung didapat walau telah melakukan berbagai upaya.
Trus…apa yang salah?

Saya jadi ingat dengan kata- kata Einstein, “ hanya orang gila yang menginginkan hasil yang BERBEDA, namun terus melakukan usaha yang SAMA”

14 abad yang lalu Rasulullah sudah memberikan contoh konkrit, yaitu di saat mengalami kemandegan dalam perkembangan dakwahnya. Apa yang Beliau lakukan?
Ternyata… Beliau melakukan (sesuai yang diperintahkan Allah yaitu) HIJRAH.

Maa syaaAllah ..dengan HIJRAH, kaum muslimin mengalami KEMAJUAN DAN PENINGKATAN yang luar biasa. Dari sisi jumlah sebelumnya 200 orang 10 tahun setelah hijrah berjumlah 100 ribu orang lebih, wilayah penyebarannya sebelumnya hanya mekkah setelah Hijrah Islam menyebar luas di berbagai negeri. Hingga kemudian menjadi peradaban manusia terbesar sepanjang sejarah.

Jadi diantara pelajaran terpenting, untuk mendapatkan sesuatu yang LEBIH, maka BERHIJRAHLAH.
Baik Hijrah dalam arti makaniyah (sisi fisik), pindah tempat atau ganti profesi atau ganti produk, dll.
Sekaligus Hijrah Maknawiyah (sisi mentalitas), dari syirik menuju tauhid, dari haram menuju hanya yang halal. Dari malas menuju Semangat, dari kikir menjadi gemar bersedekah, dari maksiat menjadi selalu taat, dll.
Ingatlah selalu firman Allah surat An nisa’ ayat 100:
“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya, maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah…”

Salam Spirit,

Muhammad Zubairi

Trainer & Motivator Spiritual @SpiritIndonesia

*)disarikan dari materi khutbah jum’at saya di KJRI Hongkong
*)juga dipersembahkan untuk @suaramuslim

#zubairitrainer #motivatorspiritual #trainer #spiritindonesia #kelilingnegeri
#kelilinghongkong #membangunperadabanmulia #menginspirasiindonesia#membangungenerasiemas